Belajar, Berkaca, Bercerita tentang......

Pada 12:01 WIB Babelan, Jawa Barat

Malam sunyi ini, enggak juga sih... gue lagi dengerin lagu hehehe. Pas lagi kekurangan inspirasi seketika gue iseng buka galeri foto lama gue. Its me... Balgis Faradillah Insani
Gue merupakan orang yang paling paling dan sangat tidak percaya diri, serta sangat body negatively dari dulu, serta selalu merasa minder terhadap kekurangan yang gue punya. Gue gapernah bangga terhadap pencapaian apa yang udah gue lakuin. Bagi gue, kalo gue udah melakukan di jalan yang tepat, tidak merugikan orang lain dan tidak merepotkan orang lain bagi gue itu keharusan buat gue. 
Entah sedih atau ngerasa buruk. Gue mencoba bercerita sama kalian agar kalian tidak mengikuti gue tapi jadi pelajaran buat gue. Singkatnya ini kehidupan gue yang sampe sekarang gue gabisa membuat diri gue mengurangi rasa minder gue

1. TK
     Masih sangat terekam dalam diri gue, gue itu sendirian dalam hidup gue, gue gapunya temen yang the one and only. Gue cuma dikelilingi temen-temen rumah yang kerjaan nya mebandingkan kehidupan gue karena latar belakang keluarga gue. Entah kenapa, gue sampe sekarang gak ngerti kenapa benci bgt sama gue. Gue selalu berusaha mencari teman :( Because gue gapunya temen :( gue samperin mereka ke rumah-rumah. Mereka bisa main tapi karena kasian sama gue. Bokap nyokap gue kerja, gue dititipin sama mba kalo dirumah, setiap gue dirumah palingan ada tante dan om gue yang mereka juga punya kehidupan tersendiri. Kalo berangkat ke TK gue sendirian naik ojek, nyokap nitipin ke uang ke gue, tapi jelek nya gue, gue selalu lupa ngasih ongkos hahahahaah.... sampe-sampe abang ojek nya gak mau gue tumpangin dan ngadu sama nyokap. Di TK pun gue sendirian, inget banget dalam pikiran gue. Gue gatau apa penyebab nya, apa karena gue emang menarik diri atau karena apa. Sepulang TK gue dijemput tante gue atau bareng sama guru TK gue. Tapi gak sedih-sedih amat kok gue, gue tetep nyari temen buat menghibur diri gue yg mungkin orang bilang kesepian, dan gue bisa ngerasain indahnya masa kecil saat itu. Gue emang sendirian tapi gue gapernah ngerasa kosong, gue selalu punya cara bagaimana gue bisa menyelamatkan diri gue dari yang namanya kekosongan itu, even harus maksa temen-temen gue buat main hehehe, i dont care i think to make me happy. 

2. SD
    Kesendirian itu berlanjut sampe gue SD ternyata, gue dijauhi kembali sama temen-temen gue. Mungkin karena gue dari keluarga kurang mampu dan jelek kali ya hahaha gatau deh. Gue pernah sedih sih, tapi gue gapernah berani cerita ke siapapun, makanya gue punya buku diary dari SD buat cerita. Gue inget banget dulu temen-temen gue punya genk dan mereka isinya orang cantik dan tajir, tapi lagi lagi gue berusaha untuk membuat gue happy, gue mencoba masuk ke pertemanan mereka dan fulaaaahhh..... mereka sangat welcome terhadap kehadiran gue because im funny like what they said. Gue usaha lagi untuk punya temen hahaha. Tapi gue punya satu temen yang mencoba beda, naman Fauziah, dia tulus temenan sama gue, pas kelas 6 SD gue baru tau bahkan dia temen TK gue hahaha, saking gue menarik diri dari lingkungan. Ya namanya anak SD kali ya, ada aja berantem nya, gue orang yg sangat sedih kehilangan temen. Gue belum bisa memikirkan fenomena pertemanan apa ini, dikala gue sedih kehilangan temen, temen gue happy jauh dari gue. Gue sendirian lagi. Lalu, gue suka-suka an ala anak SD gitu sama satu orang, gue gak pede karena Fauzia suka bgt sama doi, yaudah gue mundur dan gue sadar diri gue gapantess. Tapi lama kelamaan si Fauzia tau kalo gue suka sama doi, eh dia jaga jarak deh sama gue dan memusuhi gue dong, padahal mah ya dia ngapain jauhin gue, gue kan bukan saingan dia sama sekali, gue sama Fauzia aja kaya langit sama bumi. But, im not really good enough, gue jahat kok. Pas SD gue sama temen-temen cowok gue ngebongkar kebohongan temen gue yg ngaku-ngaku tajir hahaha, terus dia gue bully, gue katain, eh gue masuk ke ruangan BK. Pembelaan gue gini "lah bu, saya gak fitnah, bukti nya temen-temen kok. Dia nya aja gatau diri, saya aja yg miskin beneran ngaku" semenjak anak-anak kelas tau gue anak nya se-kacau itu, banyak yg mau temenan. Terus di otak gue mikir gini "hmmm berati gue harus punya sesatu yang beda dari orang lain biar bisa punya temen" 
Dari kelas 1 SD nyokap berenti kerja, bokap kerja serabutan, keuangan keluarga gue kacau, gue nambah adik, Terus kata nyokap kalo gue mau jajan, gue harus dagang. Yaudah deh tuh dari gue kelas 2 SD gue dagang, apa aja gue dagangin., dari piscok, peyek, nasi goreng, nasi kuning, apa aja yg penting gue bisa jajan. But, gue gak ngerasa gue terpuruk asli deh, gue cuma mikir apa yg nyokapngue ucapin kaya gitu ya itu yg harus gue jalanin, udah gitu aja. Nyokap nyuruh dagang, gue semangat aja jalanin nya. Gue dagang tuh sampe kelas 5 SD doang, soalnya kata nyokap gue gaboleh lagi dagang di Sekolah. Gue ngerasa sedih, karena gabisa punya uang jajan dari hasil jerih payah gue, dan gue merasa buruk karena gue ngerepotin nyokap buat beli seragam gue. Pada masa kelas 6 SD gue belajar mati-matian karena mau ujian, nyokap pindah rumah karena waktu itu diusir sama kake gue dari rumah nenek gue, ya masalah keluarga gitu. Lalu kata nyokap, gue harus belajar yg bener biar bisa dapet SMP Negri dan ngurangin biaya sekolah, yaudah gue belajar tuh sampe lupa makan dan lupa segalanya. Sedihnya, pas H-1 Ujian Sekolah gue kena tifus :( gue gak maksimal menyelesaikan ujian gue, gue lemes gabisa mikir, semua yg gue siapin seakan-akan hilang. Bahkan dokter nyaranin gue buat opname, tapi gue nolak karena gue mau ujian. Gue berusaha gak ngerasa apa-apa, sok jagoan bgt deh gue waktu itu. Akhirnya, bokap iba sama gue dan sekolah dianterin naik sepeda sama dia. Bener aja, nilai akhir gue kecil btt 5,85 :( gue sedih bgt. Tapi, kata nyokap nilai segitu masih bisa dapet SMP Negri. Yg gue tau gue kalo mau dapetin sesuatu gue harus berusaha keras dan mengorbankan satu hal 

3. SMP
   Pada masa SMP kelas VII gue lebih beruntung, karena gue punya satu temen even beda kelas. Eka Nur Rachmawati namanya, dia temen ngaji gue, makanya bisa jadi temen SMP juga. Di awal sekolah, gue dikenalin Eka sama temen-temen yang sangat baik dia adalah Retno Utari, anaknya baik gak milih-milih temen. Lalu gue dikenalin sama Devira, Sari, dan Adit. Mereka anak-anak yg baik dan mau menerima gue apa adanya. Terutama Retno, inget gue pernah minjem novel dia tapi gue lama balikin nya, pas ngebalikin novel nya dia, gue berusaha untuk tidak membuat dia marah dengan menulis surat di novel dia, isinya tentang permohonan maaf gue. Retno seneng terhadap apa yg gue lakuin itu, makanya dia pun terus baik sama gue. Pas di kelas VII gue ikut basket, di basket kebanyakan anak Osis, terkenal, tajir dan bertampang oke. How about me? Nothing. Gue minder, dan gue mundur dari Basket, karena rasa minder gue itu. Lalu singkat cerita, di kelas VIII gue punya temen yg baik-baik juga, ada Icha, Nia, Lisna, Eka , Fitri, dan Rik. Lagi-lagi sebaiknya mereka, gue merasa gue di diskriminasi karena gue gapunya kelebihan dari mereka itu, gue gak ada yg suka, jadinya gak ada cerita tentang cowo yg bisa gue bagikan mereka, makanya sekarang gue jarang gabung sama mereka, gue meninggalkan hal-hal yang membuat gue sakit hati. Nah di kelas XI gue sangat sangat beruntung, kelas gue dihuni anak-anak super asik dan baik. Dominan di kelas gue adalah anak-anak terkenal gitu, mereka menyebutnya BASTEN. Gue? gue cuma numpang nama kareena gue duduk sebangku sama Tsusayya, anak baik hati yang luar biasa baik ke gue, ada Erel yang super duper baik juga, bahkan Putri temen SD gue dulu jadi temen sekelas gue. Mereka baik, ada Dego, ada Rifki, Aldi, Kukuh, mereka baik dan menyenangkan sekali. Gue sangat beruntung di akhir SMP gue dikelilingi teman luar biasa, mereka membuat gue percaya diri bahwa gue juga bisa jadi bagian dari anak-anak yang terkenal di SMP gue, dari situ gue kenal yg lain semua kelas. Tapi, gue kembali minder.....
Dulu, nyokap seneng bgt nguncirin rambut gue secara unik, lalu Adit bilang gini "lo dandan kaya gitu biar apa sih? biar bisa keren di BASTEN?" sejak saat itu gue mulai jaga jarak dan tau diri, lagi lagi ada kesalahpahaman. Gue dulu deket bgt sama Rifki temen gue, karena dia yg paling care sama gue, sering nemenin gue ketika sendirian, nah kan Rifki mantan nya Tsusayya, dia kira gue pacaran sama Rifki. Nah dia salah paham, dari situ gue bilang "udah ki, jaga jarak aja kita, elo jadian lagi gih sama nia (sebutan untuk tsusayya) biar gak dikira gimana-gimana" yaudah deh gue jaga jarak sama Rifki dan Rifki balikan sama Nia. Im happy, Nia balik lagi jadi temen gue. Bagi gue cukup bisa kenal sama anak BASTEN dan jadi temen mereka. Singkat cerita gue jadian gitu sama salah satu anak BASTEN tapi cuma seminggu, ya gue sadar diri sih dia mutusin gue, katanya dia bosen. Gue pacaran nya gitu doang, gabisa keluar rumah dan ya gitu deh. padahal mah pas gue tau, ternyata gue cuma jadi bahan pelampiasan nya dia doang heheh karena abis putus, gue datang pas dia butuh sesorang. Makanya, pas dia nemu yg lebih baik dia mutusin gue. Mantan-mantan dia cantik-cantik cuy, gue mah apaaan... remahan pisang. Waktu Pasca putus sama doi, doi kesel kali ya sama gue, dan kita ribut, gue dikatain "Tai" kata dia gini "elo di BASTEN cuma karbitan doang kan? mau mau enggak enggak" disitu gue sedih bgt digituin, gue emang bukan pendiri BASTEN maupun yg sering aktif kumpul, tapi kenapa lo liat gue sebelah mata seperti itu? terus terucap kata "Tai lah" gitu katanya. Disitu gue gak respect sama doi dan yaudah biarin aja. Gue membiarkan orang membentuk pikiran jelek ke gue entah kenapa. Jujur, gue cuma merasa beruntung bisa kenal sama mereka dan bisa jadi temen mereka, semenjak saat itu doi bilang, gue jaga jarak main sama BASTEN. Mungkin dia bener, gue bukan temen yg seharusnya jadi temen dan bagian BASTEN. Gue happy kok kenal kalian.

Intinya gue itu tipe yang punya body negatively, sampe sekarang. Gue selalu merasa minder, gapantes dan belum cukup. Gue bukan nya gak bersyukur, tapi lebih ke tau diri. Apalagi pas gue SMK dan awal kerja nih ya liat aja gue enggak banget, wajar kali ya gue diputusin orang dan susah punya pacar baru selain karena gue gak gampang jatuh hati sama orang.

Sekian... cerita SMK gue dan hingga saat ini berlanjut nanti :)
Nite...

Komentar

Postingan Populer